Langkah lanjut dari analisa SWOT adalah penyusunan strategi usaha untuk mencapai target pengembangan sesuai visi yang diharapkan. Strategi tersebut akan disusun berdasar pemetaan yang didapat dari Analisa SWOT, intinya adalah bagaimana mengembangkan kekuatan dengan kesempatan yang dan serta menutup kelemahan terhadap ancaman yang berpotensi mengganggu perkembangan usaha.
Kembali kita ambil contoh dari penjelasan
minggu lalu tentang Analisa SWOT, dimana contoh sebuah bengkel dengan visi tiga
tahun ke depannya sebagaimana table di bawah ini.
Dari visi tiga tahun pertamanya tersebut, si Pemilik Bengkel melakukan Analisa SWOT untuk melihat apakah mungkin target pengembangan itu didapatkan. Analisa SWOT membantu mengelompokkan aspek-aspek internal dan external usaha Bengkel tersebut. Contoh Analisa SWOT terhadap bengkel tersebut digambarkan sebagaimana berikut:
Dari Analisa tersebut, maka dapat disusun sebuah rencana dan strategi tentang apa yang harus dilakukan olah si Pengusaha tersebut.Contoh penyusunan strategi secara sederhana dapat diberikan sebagaimana berikut ini. Perlu dicatat bahwa tidak ada standard yang sangat kaku dalam proses penysunan strategi, semua mengalir terbuka dan realistis. Sepanjang strategi yang direncanakan dirasa dapat dilakukan maka rencana strategi tersebut dapat diletakkan sebagai bagian dari rencana pengembangan.Batasan yang harus diperhatikan biasanya adalah:
- Secara
ekonomi, apakah upaya untuk melakukan strategi tersebut akan menghasilkan imbal
balik yang sesuai?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar